:::: MENU ::::

Tuesday, June 7, 2016

Model : Vaseline Healthy Sunblock SPF30
Source : google


Pada saat membeli sebuah produk kecantikan (biasanya lotion dan sunblock), pasti kamu pernah membaca tulisan seperti "SPF 30/SPF 15/ SPF 50".

Apasih sebenarnya SPF itu?
Lalu apa sebenarnya UVA dan UVB itu?

Postingan kali ini akan menjelaskan apa itu SPF, UVA & UVB agar kamu bisa lebih cermat memilih.

Klik readmore.


1. SPF (Sun Protecting Factor)
SPF adalah singkatan dari Sun Protecting Factor, yaitu tingkatan seberapa besar sunblok/lotion ini dapat melindungi kulit dari sinar matahari. Biasanya, semakin besar angka yang tertera pada SPF, harga sublock/lotion akan semakin mahal.

SPF berguna untuk mencegah paparan sinar matahari yang terlalu kuat terhadap kulit, sehingga meminimalisir ternjadinya sunburn atau sinar matahari yang membakar kulit kamu. Sunburn dapat menyebabkan kanker kulit.

Banyak orang mengira bahwa angka dibelakang SPF merupakan berapa lama lotion dapat melindungi kulit dalam ukuran Jam. Padahal SPF hanya sanggup melindungi kulit selama beberapa menit saja.

Apabila kamu memiliki lotion dengan kadar SPF 15, maka kamu hanya bisa berada dibawah paparan sinar matahari 10-15 menit saja. Selebihnya, lotion kamu tidak bisa melindungi. Demikian juga dengan SPF 50, maka kamu hanya bisa terkena paparan sinar matahari selama kurang lebih 45 menit. Melebihi waktu tersebut, lotion tidak dapat melindungi.

Untuk pemakaian terbaik, sebaiknya kamu mengulangi pemakaian sekitar 2 jam sekali dengan takaran lotion yang agak banyak. Namun, apabila merepotkan, kamu bisa mengakalinya dengan menghindari sinar matahari secara langsung dengan berjalan dibawah bayangan atau memakai jaket.

Pemilihan lotion/sunblock yang tepat hendaknya melindungi dari UVA dan UVB.
Apabila lotion kamu hanya melindungi kulit dari UVB, maka kamu tidak mendapatkan perlindungan dari efek UVA, begitu pula sebaliknya. Untuk itu, pakailah lotion/sunblock yang memberikan perlindungan terhadap keduanya.

2. UVA & UVB
UVA dan UVB adalah jenis gelombang radiasi ultra violet yang diprduksi oleh matahari. UVA merupakan kependekan dari Ultra Violet A dan UVB merupakan kependekan dari Ultra Violet B. Sebenarnya, gelombang radiasi yang dihasilkan oleh matahari ada 3, yaitu UVA, UVB dan UVC.

Dari ketiga jenis gelombang radiasi ini, yang paling berbahaya adalah UVC.
UVC merupakan gelombang radiasi terpendek, namun semakin pendek gelombang radiasi, maka semakin tinggi radiasi yang merusak kulit. Namun UVC tidak sampai kedalam bumi dikarenakan dilindungi oleh lapisan ozon bumi.

UVA dan UVB adalah gelombang yang berhasil menembus lapisan ozon bumi.

Sinar UVA bisa diartikan sebagai Ultra Violet Aging, yaitu sinar matahari yang dapat menyebabkan penuaan (munculnya keriput). Panjang gelombang UVA lebih panjang daripada panjang gelombang UVB. Sinar ini memiliki intensitas lebih tinggi dari UVB dan mampu menembus awan maupun kaca. UVA bisa menembus lebih dalam kedalam lapisan kulit dibanding UVB, oleh karena itu sinar UVA ini dapat menyebabkan kanker.

Sinar UVB bisa diartikan dengan Ultra Violet Burning, yaitu sinar matahari yang menyebabkan kulit menjadi terbakar, hitam dan kusam. Berbeda dengan UVA, UVB tidak dapat menembus kaca.

Namun, UVB menghasilkan vitamin D yang baik bagi tubuh. Waktu yang sempurna untuk mendapatnya adalah pagi (jam 6-jam 9), namun apabila terlalu lama terkena paparan UVB akan membuat kulit terbakar.

0 komentar:

Post a Comment

A call-to-action text Contact us